Contoh Laporan Ilmiah : Mencangkok Tanaman Sirsak



LAPORAN HASIL KEGIATAN MENCANGKOK
TANAMAN SIRSAK







            Kata Pengantar

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat kemurahannya-Nya, Laporan penelitian ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Makalah ini dibuat dalam rangka menyesaikan tugas IPA BIOLOGI yang berjudul “MENCANGKOK TUMBUHAN (BUAH ATAU BUNGA)”.

           Tak lupa kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak IKHSAN S,Pd selaku guru mata pelajaran IPA kelas IX di SMP NEGERI 5 MATARAM, yang telah memberikan tugas kepada kami dengan baik, serta pada pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan penelitian ini.

           Makalah ini akan menjelaskan tentang pengertian, alat dan bahan serta cara mencangkok. Pembuatan makalah ini diharapkan dapat berguna bagi masyarakat yang ingin mempelajari tentang mencangkok. Kami mengharapkan partisipasi dari para pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat. Kami sadar makalah ini jauh dari kata sempurna, maka dari itu kami mohon kritik dan saran yang membangun, demi perbaikan kearah kesempurnaan. Demikian makalah ini kami buat semoga bermanfaat. Kami sampaikan terima kasih.

 

 

 

Penyusun,

BAB 1
   PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang Masalah

 

Pada masa sekarang ini, manusia dituntut untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat yang dihasilkan dalam waktu singkat dan dengan modal yang tidak banyak. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lebih cepat, unggul, dan tidak memakan banyak biaya adalah dengan mencangkok.

Lalu sesungguhnya bagaimana cara mencangkok yang benar?. Banyak masyarakat yang belum mengetahui secara mendalam tentang hal ini. Maka, dengan tujuan untuk mengetahui lebih dalam cara-cara mencangkok yang benar dan untuk menghasilkan suatu produk yang bermanfaat dan dapat dihasilkan dengan tidak memakan banyak biaya, maka disusunlah laporan kegiatan ini untuk dapat mengetahui cara mencangkok yang benar dan tepat.

 

1.2    Rumusan Masalah

 

Walaupun mencangkok sudah banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia.Tetapi banyak juga masyarakat yang jarang menggunakan cangkok, kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa mencangkok itu rumit dan kemungkinan untuk tumbuhnya sangat kecil. Sebagian masyarakat ini lebih memilih membeli biji tumbuhan yang biasa dijual di pertanian, meskipun jangka waktu tumbuhnya lebih lama. Padahal, sebenarnya mencangkok itu tidak rumit dan akan berhasil jika kita tahu langkah-langkah yang benar. Lagi pula, hasil tumbuhan yang dicangkok akan sama persis dengan induknya. Perlunya pengetahuan tentang mencangkok sangat penting untuk semua orang.

 

1.3 Tujuan

 

1.     Untuk memberikan pengetahuan betapa pentingnya mencangkok bagi perkembangbiakan tumbuhan.

2.    Untuk memberikan keuntungan-keuntungan mencangkok.

3.    Untuk memberitahukan cara mencangkok.

4.    Menghasilkan suatu produk yang bermanfaat dan dapat dihasilkan dengan tidak memakan banyak biaya.

 

1.4 Manfaat

     Manfaat kegiatan ini adalah :

1. Untuk memberi suatu pengetahuan kepada khalayak tentang bagaimana cara mencangkok yang benar dan menghasilkan suatu produk yang bermanfaat dan dapat dihasilkan dengan tidak memakan banyak biaya.

2. Membudidayakan kegiatan mencangkok untuk menjaga tanaman dari ancaman kepunahan.

 

BAB 2

LANDASAN TEORI

 

       2.1 Pengertian

    

     Mencangkok merupakan salah satu cara pembiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya dan cepat menghasilkan. Selain itu, pohonnya juga tidak terlalu tinggi.

Mencangkok dilakukan dengan cara menguliti hingga bersih dan menghilangkan kambium pada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm pada tanaman dikotil untuk kemudian dipindahkan ke dalam wadah lain saat akar telah tumbuh.

Pada saat mencangkok, kambium pada cabang atau ranting harus dihilangkan agar kulit tidak terbentuk kembali. Bila kulit terbentuk kembali, maka akar tidak akan dapat terbentuk. Sebaliknya, jika lapisan cambium tersebut bersih, maka hasil fotosintesis akan terkumpul di tempat kambium yang telah dibersihkan dan pertumbuhan akar dapat terangsang dengan baik.

 

 

2.2 Keuntungan dan kerugian mencangkok

 

Keuntungan Dari Mencangkok:

  • 1.    Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji. Tumbuhan yang dicangkok memiliki sifat yang sama dengan induknya.
  • 2.     Tingkat keberhasilannya lebih tinggi, karena pada proses mencangkok akar akan tumbuh ketika masih berada di pohon induk. Produksi dan kualitas buahnya akan persis sama dengan tanaman induknya.
  • 3.    Tanaman asal cangkok bisa ditanam pada tanah yang letak air tanahnya tinggi atau di pematang kolam ikan.

 

 

Kerugian Dari Mencangkok:

  • 1.      Pada musim kemarau panjang tanaman tidak tahan kering.
  • 2.     Tanaman mudah roboh bila ada angin kencang Karena tidak berakar tunggang.
  • 3.     Pohon induk tajuknya menjadi rusak karena banyak cabang yang dipotong.
  • 4.    Dalam satu pohon induk kita hanya bisa mencangkok beberapa batang saja, sehingga perbanyakan tanaman dalam jumlah besar tidak bisa dilakukan dengan cara ini.


 BAB 3

LAPORAN KEGIATAN


 3.1 Judul :  Mencangkok Tanaman (buah-buahan/bunga)
 3.2 Tujuan :
         1.  Mengetahui cara mencangkok.
         2. Melakukan atau memperagakan cara mencangkok tanaman.
 3.3 Waktu dan tempat
  
Kegiatan pencangkokan tanaman sirsak ini dilaksanakan di rumah salah satu anggota pihak-pihak yang terlibat dalam membantu proses pencakokan ini yang bertempat di jl.Selaparang, Negarasakah Utara     Pada hari Rabu, 4 Oktober 2017 pukul 17.00 WITA – selesai.


3.4      Alat dan Bahan (Tahap Persiapan)
Alat :
1.     Tali Rafia          














2.    Plastik 





3.    Pisau Tajam

















4.    Ember/centong    













Bahan:
1.     Tanaman sirsak                         










2. Tanah yang dicampur dengan  pupuk kandang serta air








3.5      Proses dan foto pencangkokan (Tahap Pencangkokan)

1.     Siapkan bahan dan alat yang diperlukan.
2.    Pilih pohon yang tidak terlalu tua dan terlalu muda.
3.    Pilih cabang yang sehat, lebih baik yang tumbuh vertikal dan dekat dengan pangkal pohon.
4.    Kupas kulit batang atau cabang sepanjang 5 cm – 10 cm melingkari batang.
5.    Bersihkan lapisan kambium yang menempel pada kayu.

6.    Ambil plastik secukupnya, ikat bagian bawah dahulu.


7.    Bentuk sedemikian rupa sehingga membentuk penampung, isi dengan campuran tanah dengan pupuk kandang yang sudah disiapkan. Isian harus cukup padat dengan cara ditekan-tekan.

8.    Ikat bagian atas plastik dan pastikan campuran tanah tertutup rapat. Jika perlu ikat juga bagian tengah plastik agar tanah tidak terlalu kendor.


9.    Buat lubang-lubang untuk pembuangan air.
Tahap Pemeliharaan Sampai Tumbuh Akar
10.  Siram bagian yang telah dicangkok tersebut sampai air menetes dari cangkokan.
11.  Menjaga kelembapan media dengan cara menyiram setiap pagi dan sore hari, jikalau hujan tak perlu menyiramnya lagi.



   
                 3.3  1. Tahap Pemotongan/ Pengambilan Cangkok dari Induknya
12.  Setelah kurang lebih satu bulan akarnya tumbuh banyak, potong dari induknya, dipisahkan dan tanam di tempat yang telah ditentukan.



 

BAB 4
 PENUTUP
 4.1 Kesimpulan dan Hasil
                   Kesimpulan yang dapat diambil dari praktik mencangkok ini adalah antara lain sebagai berikut:
- Tanaman yang ideal untuk dapat dicangkok adalah tanaman yang mempunyai kambium dan diameter batangnya tidak terlalu tipis atau terlalu tebal.
- Faktor yamg mempengaruhi mencangkok adalah cara memperbanyak tanaman dimana pembentukan akar pada calon tanaman baru terjadi ketika masih melekat pada tanaman induknya.
- Akar terbentuk dari bagian batang yang terlukai dan yang bersentuhan langsung dengan tanah.
- Keberhasilan dalam proses pencangkokan diantaranya adalah batang yang dicangkok, waktu, faktor media, faktor cahaya matahari, proses fotosintesis, pemeliharaan, DLL.
   
     Jadi mencangkok merupakan perkembang biakan vegetative dan juga perkembangbiakan tertua di Dunia. Cangkok dapat digunakan untuk tumbuhan yang berbuah maupun tanaman hias. Gunakan batang yang tidak terlalu tua  untuk mencangkok. Hilangkan kambium pada batang saat mencangkok. Ikuti langkah-langkah mencangkok dengan benar agar hasil yang didapat bisa memuaskan. Mencangkok tumbuhan tidak semudah dan secepat yang dibayangkan, hasil cangkok akan berhasil apabila benar-benar diperhatikan dengan pemiliknya, yaitu dengan cara rajin memberinya air saat tanah kering.

Hasil:
Hasil cangkokan yang kami lakukan ternyata membuahkan hasil, dengan menggunakan media tanah pada tanaman sirsak berhasil dari praktik kegiatan itu terlihat akar yang telah tumbuh.

NO
TANGGAL
Perubahan yang terjadi pada cangkokan
1
Rabu, 4 Oktober 2017
Penyanyatan batang pohon dan kegiatan seterusnya
2
6 Oktober 2017 
Belum ada perubahan pada cangkokan
3
14 November 2017
Akar mulai muncul
4
19 November 2017
Akar mulai memanjang
5
21 November 2017
Akar bertambah panjang



24



4.2 Kritik Dan Saran
Saran dari kami yaitu:
 1. Hal-hal dibawah ini dapat dilakukan untuk menjaga kesuburan tanaman hasil cangkokan.
- Berikan pupuk kompos untuk menunjang kesuburan tanah.
- Sirami tanaman secara teratur tiap pagi dan sore hari.

 2, Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mencangkok.
- Waktu mencangkok sebaiknya pada musim hujan karena tidak perlu melakukan penyiraman berulang-ulang.
- Memilih batang cangkok pohon induk yang digunakan adalah yang umurnya tidak terlalu tua dan terlalu muda, muat, sehat dan subur serta banyak dan baik buahnya.
c.    Pemeliharaan cangkokan , pemeliharaan sudah diaanggap cukup bila media cangkokan culup lembap sepanjang waktu.

      Terima kasih atas partisipasinya dalam menilai laporan kegiatan kami ini. Semoga laporan yang kami buat ini dapat bemanfaat bagi pembacanya untuk sekarang hingga yang akan datang,Kami sadar bahwa laporan kegiatan ini jauh dari kata sempurna, maka dari itu kami mohon kritik dan saran yang membangun, demi perbaikan kearah kesempurnaan. Demikian semoga laporan ini bermanfaat.

4.3 Penutup

           Kami ucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada Tuhan Yang Maha Esa (Allah SWT) yang telah membantu kita dari awal hingga selesainya  laporan kegiatan ini, dan juga kepada Bapak Ikhsan S,Pd yang telah memberikan kita tugas dengan sebaik baiknya serta pihak-pihak yang terlibat dalam membantu proses pencangkokan ini.





Itu dia contoh Laporan Ilmiah mengenai bagaimana cara mencangkok tanaman. Jika kalian ingin PDF-nya, kalian bisa download disini.

Sekian Terimakasih><






Komentar

Unknown mengatakan…
berapa bulan tumbuh cangkokan
nya kak?
Unknown mengatakan…
berapa bulan tumbuh cangkokan
nya kak?
Unknown mengatakan…
kalau pake plastik hitam bisatumbuh gak Dan gimana Cara lihat akar nya
Fitriaa mengatakan…
Bisa kak, tapi lebih dianjurkan menggunakan kresek/plastik putih agar bisa dilihat apakah akarnya sudah tumbuh atau belum.
:)
Fitriaa mengatakan…
1 bulan setelah proses pencangkokan selesai.

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Peralatan Kantor